Kompas.com - 07/05/2013, 11:07 WIB
Penulis Norma Gesita
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Para tersangka yang dibawa oleh Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya saat penggrebekan setengah ton ganja di Jalan Bambu Apus RT 09 RW 03, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (6/5/2013) ternyata cukup ramah. Setidaknya begitulah tanggapan para tetangga yang tidak menyangka akan ada penggerebekan narkoba jenis ganja di wilayah tempat tinggal mereka.

"Ya, enggak nyangka, orang kalau saya main ke counter-nya masih suka ngobrol. Orangnya ramah, kok," kata Epen (40), ibu pemilik rumah kontrakan tersebut saat ditemui Kompas.com, Selasa (7/5/2013) pagi.

Mereka, tutur Epen, juga sempat mengadakan acara syukuran saat pertama kali menempati kontrakan tersebut. "Mereka pernah ngadain selametan, bagi-bagi besek juga," kata dia. Bahkan, prosedur sebagai penghuni baru seperti lapor diri ke Rukun Tetangga (RT) setempat juga dilakukan.

"Ya, kan kita makin enggak curiga. Orang dia juga lapor ke Pak RT waktu pindah," tutur Wardi (38), salah seorang warga yang ikut menonton penggerebekan tersebut.

Menurut Epen, penggerebekan dilakukan oleh Polda Metro Jaya sekitar pukul 14.00. Kontrakan tersebut merupakan tempat percetakan undangan sekaligus kios pulsa.

Dari kontrakan tersebut, polisi membawa barang bukti berupa ganja, satu unit motor Honda Beat, seperangkat komputer, alat cetak undangan, dan voucher pulsa. Tersangka yang diangkut dari tempat kejadian yakni berinisial U dan Z. Adapun salah seorang tersangka lain telah ditangkap sebelumnya di daerah Pondok Gede, kemudian dibawa ke Bambu Apus dan dikumpulkan dengan dua tersangka lain.

Satu orang wanita, satu anak lelaki, dan satu balita perempuan yang diduga adalah keluarga tersangka juga ikut dibawa ke Polda Metro Jaya karena berada di tempat kejadian saat penggerebekan terjadi. Polisi akan kembali lagi ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mengangkut barang bukti yang tertinggal, yakni satu unit motor Suzuki Shogun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.