Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penolak MRT Pasang "Tiang MRT" di Jalan Fatmawati

Kompas.com - 07/05/2013, 11:57 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Masyarakat Peduli MRT sebagai pihak warga Jakarta Selatan yang menolak pembangunan MRT layang di wilayah mereka kembali melakukan aksi unjuk rasa di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan. Mereka memasang miniatur "tiang MRT" berukuran 3x3 meter yang terbuat dari kardus bertuliskan "Ukuran Asli Tiang MRT".

Miniatur tiang MRT itu digotong oleh sejumlah pengunjuk rasa dan diletakkan di tengah jalan, tepat di depan Pasar Blok A. "Sengaja kita taruh di tengah jalan soalnya nanti tiang MRT aslinya kan juga di tengah jalan. Liat betapa sempitnya jalan kan nantinya dengan ada tiang MRT," kata salah satu Koordinator Masyarakat Peduli MRT Alex di lokasi unjuk rasa, Selasa (7/5/2013).

Selain itu, menurut Alex, tiang MRT Layang juga akan melebar 21 meter ke kanan dan 21 meter ke kiri. Akibat aksi tersebut, lalu lintas kendaraan yang hendak menuju arah Blok M menjadi tersendat karena adanya "tiang MRT" tersebut.

"Apa sudah ada sosialisasi, belum ada. Masyarakat belum diberi tahu. Bagaimana nanti jika tiba-tiba para pedagang ini digusur. Dan lalu lintas ini yang ada sekarang sekadar ilustrasi ke depannya," jelas Alex.

Dalam aksi tersebut, para pengunjuk rasa juga menyertakan dua ondel-ondel dan dua barongsai dalam aksi yang diikuti sekitar seratusan orang berkaos merah tersebut.

"Ini semua pedagang pasar juga dukung kita cuma gak semuanya dapat kaos. Total semuanya ada empat ratusan orang," ujar Alex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com