Kompas.com - 07/05/2013, 14:43 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga Kampung Bayur tampak emosi melihat Kepala Desa Lebak Wangi Musran dan Camat Sepatan Timur Achmad saat meninjau pabrik kuali di Kampung Bayur, Tangerang, Banten, mendampingi Wakil Ketua DPD Laode Ida. Warga sontak menyoraki, bahkan sempat mengeluarkan sikap yang lebih mengancam.

Warga yang kesal memaki karena menduga kedua aparatur pemerintahan itu ikut membantu praktik ilegal perbudakan tersebut. "Woooo, masa Camat enggak tahu, wooo...," kata beberapa warga di lokasi, Selasa (7/5/2013).

Saat mengeluarkan makiannya, warga menaiki pagar yang sebenarnya sudah dibatasi dengan garis polisi. Sadar dengan kondisi yang memanas, petugas kepolisian langsung menenangkan warga sekaligus mengevakuasi kepala desa dan camat tersebut.

Musran dalam sekejap hilang dari pandangan. Sementara Ahmad tak banyak berbicara meski belasan wartawan mencecarnya dengan banyak pertanyaan.

Seperti diketahui, Jumat lalu, aparat kepolisian membongkar praktik perbudakan di rumah tersebut. Sebanyak 34 pekerja dibebaskan. Polisi juga mengamankan lima tersangka yang kini ditahan dan diperiksa di Polresta Tangerang.

Sementara itu, Laode Ida melakukan kunjungan kerja ke lokasi perbudakan. Dia juga didampingi Kapolres Tangerang Kota Kombes Bambang Priyo Andogo. Laode sempat menilik beberapa ruang produksi selama sekitar 20 menit. Saat tiba di lokasi, sekitar pukul 13.10, ratusan warga telah berkumpul di sepanjang jalan sampai ke sekeliling rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.