Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bila Terkait Kasus Perbudakan, Camat Siap Dicopot

Kompas.com - 07/05/2013, 15:58 WIB
Indra Akuntono

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com — Achmad, Kepala Camat Sepatan Timur, siap dicopot dari jabatannya bila terbukti terlibat dalam kasus perbudakan 34 buruh di Kampung Bayur Opak RT 03 RW 06, Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan Timur, Tangerang, Banten. Secara tegas dia menyatakan tak terlibat dalam kasus tersebut dan siap diperiksa lebih dalam.

"Saya tidak terlibat, silakan (pecat) kalau memang terbukti," kata Achmad di Kampung Bayur Opak RT 03 RW 06, Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan Timur, Tangerang, Banten, Selasa (7/5/2013).

Achmad mengaku pernah beberapa kali mendatangi daerah di sekitar lokasi untuk melakukan kontrol lingkungan. Berdasarkan informasi yang diperolehnya dari warga, tak pernah ada laporan mengenai praktik ilegal di lingkungan di tempat tersebut. Namun, kesan aneh langsung mencuat. Pasalnya, Achmad juga mengetahui bahwa rumah yang dijadikan tempat industri pengolahan limbah menjadi bahan aluminium itu tidak mengantongi surat izin usaha perdagangan (SIUP).

Meski begitu, dia tak bersedia memberikan keterangan lebih jauh, dan memilih pergi meninggalkan lokasi. "Kata laporan masyarakat ada usaha kerajinan, dan memang ada, tapi tidak ada persoalan apa-apa," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, ratusan warga langsung tersulut emosinya begitu melihat Achmad dan Kepala Desa Lebak Wangi Musran berada di rumah yang dijadikan tempat menyekap puluhan pekerjanya. Warga mencemooh, bahkan memaki, karena menduga keduanya terlibat dalam praktik perbudakan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com