Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengosongan Lahan Muara Angke Terkendala

Kompas.com - 07/05/2013, 20:36 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengosongan lahan di kawasan Pelabuhan Perikanan dan Pendaratan Ikan Muara Angke untuk pembangunan rumah susun menghadapi kendala tanah untuk relokasi. Warga enggan pindah sebelum ada tempat penampungan, sementara pelaku usaha pengolahan ikan berharap ada lahan untuk relokasi usaha.

Fadil Halimi, perwakilan warga Kampung Baru Muara Angke di Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (7/5/2013) menyebutkan, baru sekitar 160 keluarga dari 830 keluarga yang tinggal di Kampung Baru pindah ke rumah susun (rusun). "Mereka yang belum pindah menunggu tempat relokasi sebelum meninggalkan kawasan pelabuhan," ujarnya.

Menurut Fadil, sejumlah rusun yang dijanjikan pemerintah daerah kini telah terisi. Warga berharap tak digusur sebelum mendapat tempat tinggal baru. Beberapa warga bahkan menyatakan rela menunggu hingga rusun selesai dibangun 1-2 tahun.

Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban Unit Pengelola Pelabuhan Perikanan dan Pendaratan Ikan Muara Angke, Iwan Sudarmawan menyebutkan, 5,7 hektar dari total 71,7 hektar kawasan pelabuhan dihuni oleh warga. Mereka mendirikan hunian nonpermanen dan semipermanen mulai dari ukuran 15 meter persegi. Jumlah penghuni ditaksir mencapai lebih dari 2.500 keluarga.

"Rusun baru direncanakan dibangun di sebagian lahan pelabuhan, yakni di area yang saat ini dimanfaatkan untuk pengolahan ikan. Para pelaku usaha minta lahan pengganti agar roda usaha tetap jalan," tambah Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com