Kompas.com - 08/05/2013, 18:26 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendukung rencana pemerintah pusat melalui PT Angkasa Pura II untuk membangun monorel di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

Sebelumnya, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono memastikan bahwa monorel automated people mover (APM) rute Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, mulai beroperasi pada tahun 2015.

"Bagus itu, memang harus dibikin itu. Rencana itu bagus dan harus didukung," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (8/5/2013).

Ia mengatakan, sudah saatnya Indonesia maju dalam pembangunan dan penataan transportasi massal. Hal ini dilakukan agar dapat memudahkan warga untuk menempuh perjalanan dengan cepat, nyaman, dan mengatasi kemacetan Ibu Kota. Dengan adanya monorel itu, Basuki mengharapkan warga beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi massal.

Terkait pembangunan Monorel Bandara Soekarno Hatta, Wamenhub Bambang Susantono mengatakan bahwa pengoperasian monorel akan berjalan setelah pembangunan stasiun kereta api bandara selesai, yakni pada 2014. Kereta api bandara akan terintegrasi dengan monorel APM bandara. Bambang menyatakan, tidak tertutup kemungkinan APM nantinya bisa dioperasikan tanpa awak.

Untuk membangun APM rute bandara tersebut, diperlukan dana sebesar Rp 2,5 triliun yang dibiayai oleh konsorsium BUMN. Proyek monorel Bandara Soetta itu dikerjakan oleh konsorsium BUMN, yakni PT Adhi Karya, PT INKA, PT Len Industri, dan PT Angkasa Pura II.

Ada tiga tahap yang dilalui dalam pembangunan kereta api bandara, yakni jalur rel dari Jakarta hingga Tangerang yang telah selesai dibangun oleh pemerintah pada 2012. Tahap berikutnya adalah pembangunan jalur rel dari Batu Ceper menuju bandara yang akan dibangun oleh PT KAI dan saat ini masih dalam proses tender. Tahap terakhir adalah pembangunan stasiun bandara yang akan dikerjakan oleh Angkasa Pura II. Rute kereta api bandara akan melewati beberapa stasiun, yakni Manggarai, Dukuh Atas, Duri, Batu Ceper, lalu masuk ke bandara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.