Kompas.com - 09/05/2013, 11:14 WIB
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Akhirnya Joko Widodo mencicipi minuman khas Betawi, bir pletok. Ekspresi wajah Gubernur DKI Jakarta itu pun langsung berubah.

Jokowi merasakan bir pletok saat menghadiri peringatan HUT ke-29 Persatuan Wanita Betawi (PWB) di GOR Grogol, Petamburan, Jakarta Barat, Rabu (8/5/2013) kemarin. Dia terlihat diojok-ojok ibu-ibu yang hadir di acara tersebut.

"Ayo, Pak diminum. Dicobain," ujar ibu-ibu tersebut.

Jokowi yang terlihat sumringah pun membuka botolnya, dan menyeruput bir pletok di kemasan botol tersebut. Dia sempat menahannya di dalam mulut merasakan rasa bir bebas alkohol tersebut.

Wajahnya yang tadi tersenyum langsung berubah seperti menahan rasa yang tak biasa dicicipinya. Dia tidak lagi tersenyum, tapi meringis. Meski begitu, Jokowi tidak kapok. Dia meminum kembali bir tersebut, hingga tiga kali.

"Rasanya pedas, hangat, wangi," komentar Jokowi.

Bir pletok merupakan minuman penyegar yang dibuat dari campuran jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman tradisional ini dikenal di kalangan etnis Betawi.

Agar warnanya lebih menarik, orang Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas.

Walaupun mengandung kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol. Minuman ini berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah. Masyarakat Betawi banyak mengonsumsinya pada malam hari sebagai penghangat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.