Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Ekspresi Jokowi Saat Mencicip Bir Pletok

Kompas.com - 09/05/2013, 11:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Akhirnya Joko Widodo mencicipi minuman khas Betawi, bir pletok. Ekspresi wajah Gubernur DKI Jakarta itu pun langsung berubah.

Jokowi merasakan bir pletok saat menghadiri peringatan HUT ke-29 Persatuan Wanita Betawi (PWB) di GOR Grogol, Petamburan, Jakarta Barat, Rabu (8/5/2013) kemarin. Dia terlihat diojok-ojok ibu-ibu yang hadir di acara tersebut.

"Ayo, Pak diminum. Dicobain," ujar ibu-ibu tersebut.

Jokowi yang terlihat sumringah pun membuka botolnya, dan menyeruput bir pletok di kemasan botol tersebut. Dia sempat menahannya di dalam mulut merasakan rasa bir bebas alkohol tersebut.

Wajahnya yang tadi tersenyum langsung berubah seperti menahan rasa yang tak biasa dicicipinya. Dia tidak lagi tersenyum, tapi meringis. Meski begitu, Jokowi tidak kapok. Dia meminum kembali bir tersebut, hingga tiga kali.

"Rasanya pedas, hangat, wangi," komentar Jokowi.

Bir pletok merupakan minuman penyegar yang dibuat dari campuran jahe, daun pandan wangi, dan serai. Minuman tradisional ini dikenal di kalangan etnis Betawi.

Agar warnanya lebih menarik, orang Betawi biasanya menggunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas.

Walaupun mengandung kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol. Minuman ini berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah. Masyarakat Betawi banyak mengonsumsinya pada malam hari sebagai penghangat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com