Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Sutiyoso soal MRT Layang

Kompas.com - 09/05/2013, 13:35 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso, mengatakan bahwa pembangunan jalur MRT layang sangat penting dalam pembangunan MRT di Jakarta. Hal itu dikarenakan jalur MRT layang dibutuhkan dalam penghematan biaya.

Bahkan menurut Bang Yos, ketika era kepemimpinannya, jalur MRT hampir sebagian besar dibangun dengan jalur layang. "Saat era saya, rutenya Kota-Lebak Bulus, subway-nya cuma dari Bundaran HI sampai Tugu Pemuda Senayan," kata Bang Yos saat dihubungi pada Kamis (9/5/2013).

Selain itu, Bang Yos juga mengatakan bahwa saat MRT nanti telah selesai dibangun, maka yang harus dilakukan adalah segera memberlakukan kebijakan menerapkan electronic road pricing (ERP) di semua jalan yang dilalui MRT. Kebijakan itu juga harus dibarengi dengan pemberian subsidi pada tiket kereta.

"Tiketnya disubsidi, dan di jalan kita terapkan ERP," kata Bang Yos.

Pembangunan tahap pertama MRT dilakukan sepanjang Lebak Bulus di Jakarta Selatan hingga Kampung Bandan, Jakarta Pusat. Proyek ini terdiri dari dua jenis konstruksi, yakni jalur bawah tanah (underground) dari Kampung Bandan hingga Jalan Sisingamangaraja, dan jalur layang (elevated) mulai Jalan Sisingamangaraja hingga Lebak Bulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com