Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan Kuburan di Pabrik Kuali Tangerang

Kompas.com - 10/05/2013, 13:01 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Satu kuburan ditemukan berada di pabrik kuali milik Yuki Irawan (41), tersangka kasus perbudakan puluhan buruh pekerjanya. Penemuan kuburan itu menimbulkan gosip adanya buruh yang dimakamkan di lokasi pabrik.

Namun, hal itu dibantah oleh Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar (Pol) Rikwanto. Menurutnya, makam itu adalah kuburan putri Yuki yang meninggal pada usia 3 tahun akibat sakit.

"Yang jelas makam itu adalah makam dari putrinya Yuki yang meninggal tahun 1997 karena sakit muntaber," kata  Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jumat (10/5/2013).

Rikwanto meminta jangan sampai informasi yang tidak berdasarkan fakta tersebar kemudian menjadi pembenaran sehingga seolah-olah dianggap benar terjadi. Masyarakat diminta tidak menyebarkan isu atau rumor tentang adanya buruh yang dimakamkan jika tidak dipastikan validitasnya.

"Jadi keterangan yang didapat di masyarakat itu keterangan yang belum punya dasar yang jelas, dan sumber informasinya tidak valid," ujarnya.

Masih terkait adanya makam di sana, Rikwanto mengatakan, masyarakat di sekitar tempat tinggal Yuki sudah mengetahui adanya kuburan tersebut. Jadi, hal itu bukan merupakan hal yang baru diketahui masyarakat setempat.

"Kalau masalah dimakamkan di situkan hak dia (Yuki) pribadi," ujar Rikwanto.

Sementara itu, Rikwanto mempersilakan masyarakat untuk memberikan informasi jika mengetahui adanya kejahatan pada buruh ke Polresta Tangerang. Hal itu, menurutnya, bisa menjadi informasi tambahan penyelidikan terhadap kasus tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com