Kompas.com - 10/05/2013, 14:52 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana kembali menjanjikan akan menyerahkan rekomendasi nama calon Wali Kota Jakarta Barat dan Wali Kota Jakarta Selatan pada bulan ini. Padahal, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sudah berkali-kali menyurati DPRD DKI mengenai hal tersebut.

Politisi asal PKS ini mengaku saat ini pihaknya masih mengumpulkan masukan dari warga setempat agar mengetahui kompetensi calon. "Insya Allah dalam bulan ini serahkan rekomendasi," kata pria yang akrab disapa Sani itu, di DPRD DKI Jakarta, Jumat (10/5/2013).

Menurut dia, proses pelaksanaan seleksi dan promosi terbuka atau lelang jabatan Lurah Camat saja menghabiskan banyak waktu, mengapa pemilihan Wali Kota justru terus dikejar-kejar publik? Oleh karena itu, melalui masukan dan saran warga, dapat menemukan nama calon yang berkualitas.

Kendati demikian, Sani tak menampik kalau sudah ada dua nama yang diusulkan untuk menempati posisi tersebut, yakni Fatahillah, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat yang akan diposisikan menjadi Wali Kota Jakarta Barat dan Syamsuddin Noor, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Jakarta Selatan yang diusulkan menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan sepeninggalan Anas Effendi yang telah dimutasi menjadi Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI.

"Iya, memang Fatahillah sama Syamsuddin Noor. Tapi, saya enggak enak untuk mengungkapkan bagaimana pemasukannya, yang jelas ada plus minusnya," kata Sani.

Selama ini, kata dia, untuk memberikan rekomendasi nama wali kota itu tidak ada polemik antara Pemprov DKI dengan pimpinan DPRD DKI. Karena, pada prinsipnya Gubernur DKI hanya bertugas melantik kedua Wali Kota tersebut. Namun, tetap harus mendapat masukan dari masyarakat.

"Kan Gubernur bilang enggak ada masalah. Lagian Camat dan Lurah juga lama kan prosesnya," tandasnya.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X