Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Elka dan Jokowi Akan Adakan Kejutan di Kota Tua

Kompas.com - 10/05/2013, 14:58 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beserta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan beberapa kementerian lain berencana menggelar pesta rakyat bertajuk "Kota Tua Create Festival" pada Agustus hingga September 2013. Demi menyukseskan acara tersebut, Menpar dan EK Mari Elka Pangestu melakukan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Jumat (10/5/2013).

Ditemui seusai pertemuan di Balaikota Jakarta, Mari Elka Pangestu mengatakan, acara tersebut merupakan salah satu upaya menarik kembali wisatawan, baik lokal maupun mancanegara ke kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Acara tersebut merupakan salah satu bagian dari revitalisasi area Kota Tua yang telah masuk perencanaan.

"Acaranya ada, deh, harus tunggu kejutannya. Intinya selama tiga minggu, kami akan mengadakan semacam pesta rakyat di sana," ujar Mari Elka.

Mantan Menteri Keuangan tersebut menyatakan, secara umum, acara Kota Tua Create Festival akan diisi oleh dan untuk masyarat. Acara ini dirancang menggunakan dana sponsor secara penuh dan akan diisi oleh bermacam-macam booth yang terdiri dari industri kreatif berbasis seni budaya, fashion, seni pertunjukan, dan kuliner.

Marie menyebutkan, untuk mendukung acara itu, museum-museum di sekitar kawasan Kota Tua akan buka hingga malam hari, paling tidak setiap akhir pekan. Di dalam museum, akan digelar berbagai acara untuk menarik perhatian wisatawan lokal dan asing.

Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Arie Budiman mengungkapkan, acara tersebut diharapkan menjadi acara tetap setiap tahun. "Rencananya ini akan jadi agenda tetap setiap tahun. Anggaran kami enggak ada karena ini, kan, murni partisipasi dari stakeholder, sponsornya dari kementerian. Pak Gubernur hanya mengakomodasi," ujarnya.

Soal acara yang akan digelar di setiap museum, Arie akan melihat terlebih dahulu kesiapan personelnya serta untung-rugi menggelar acara tersebut. Ia tidak ingin menggelar acara yang hanya menghabiskan dana, tetapi tidak mendapat respons yang baik dari masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com