Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Kalau Enggak Tegas, Enggak Jalan Jakarta

Kompas.com - 10/05/2013, 15:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Basuki Tjahaja Purnama mengatakan bahwa ketegasannya perlu untuk memimpin Jakarta. Jika tidak tegas, Jakarta tidak akan jalan.

"Dengan tidak ada ketegasan seperti itu, tidak jalan Jakarta. Jakarta itu semua persoalan sudah lengkap, solusi sudah lengkap. Yang dibutuhkan itu pemimpin yang tidak punya kepentingan pribadi," kata Basuki saat bincang-bincang dengan Rosi, seperti dilansir dari Youtube.

Wakil Gubernur DKI Jakarta itu merasa ketegasannya bisa diterima oleh masyarakat, juga PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Bahkan, semua PNS di Balaikota bisa dengan bebas menemuinya di ruangan, dari pagi hingga malam, juga menghubunginya via telepon ataupun Blackberry Messenger.

"Kalau tidak efektif, semua orang enggak ada yang mau nemuin saya. Masyarakat juga enggak mau nemuin saya. Saya turun dari mobil, orang sudah nongkrong minta diselesaikan masalahnya, kok. Yang enggak senang, ya, yang kami tidak bisa memenuhi keinginan dia. Kami tidak berdasarkan konstituen, tapi berdasarkan konstitusi," papar pria yang akrab disapa Ahok itu.

Karena ketegasannya pula, lanjut Basuki, sekarang orang yang bermain-main dengan aset milik Pemprov DKI Jakarta mulai takut, misalnya memiliki unit rusun lebih dari satu, pasti akan disita oleh Pemprov DKI.

Begitu juga dengan PKL yang kerap tidak mendapat jatah dari PD Pasar Jaya. Kini, mereka bisa memiliki unit untuk berjualan.

Basuki tidak sepakat jika ketegasannya disebut marah-marah. "Saya enggak marah, saya sehat-sehat saja. Kalau saya marah-marah, saya bisa stroke. Saya lebih sehat sekarang, lebih langsing, he-he-he, karena makan nasi merah," ujarnya sambil terkekeh.

"Saya sekarang sudah lebih jinak daripada dulu karena bergaul dengan orang Solo," ucapnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com