Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Mandor yang Kenal dengan Dua Makelar Bos Kuali

Kompas.com - 10/05/2013, 15:33 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyidik kepolisian tengah mendalami keterangan dari seorang mandor berinisial TD yang sudah ditahan dalam kasus perbudakan di pabrik kuali milik Yuki Irawan (41). Keterangan yang didalami penyidik terkait dua "makelar" pencari buruh berinisial T (sebelumnya ditulis P) dan U yang ternyata dikenal oleh TD.

"Di antara mandor, ternyata ada yang kenal dengan mereka (T dan U). TD salah satu mandor yang sudah ditahan ini, yang berhubungan langsung dengan T, baik di Lampung maupun U di Jawa Barat," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jumat (10/5/2013).

Rikwanto mengatakan, pihaknya juga sedang mendalami keterangan dari beberapa mandor lainnya yang mungkin kenal dan punya hubungan dengan T dan U. Hal itu untuk menguak lebih dalam terkait bagaimana kedua orang yang belum diketahui keberadaannya itu merekrut pekerja, prosesnya seperti apa, bagaimana cara mengantar calon pekerja ke tersangka Yuki, dan bayaran kepada keduanya.

"Ini yang nanti kita dalami ya," ujar Rikwanto.

Sebelumnya, Yuki diketahui kerap menggunakan jasa T dan U untuk menjaring pekerja. T biasa bertugas mencari tenaga kerja di wilayah Lampung, sementara U mencari tenaga kerja di wilayah Cianjur, Jawa Barat. Setiap tenaga kerja yang menjadi terget akan dibayar per kepala oleh Yuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com