Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marie Elka dan Jokowi Optimistis Revitalisasi Kota Tua

Kompas.com - 10/05/2013, 17:03 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu serta Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo optimistis mampu merevitalisasi area Kota Tua, Jakarta Barat. Sebuah badan otorita khusus yang terdiri dari berbagai Kementerian RI pun telah ditunjuk sebagai pengelola kawasan wisata Ibu Kota itu.

"Dalam jangka waktu menengah akan ada satu otorita yang mengkoordinasi dan mengelolanya, tentu akan melibatkan beberapa kementerian di luar Pemprov DKI, yaitu Kemenkeu, BUMN, dan kementerian kami," ujar Marie Elka seusai bertemu Jokowi di Balaikota, Jumat (10/5/2013).

"Kami harus optimis untuk mengatasi koordinasi ini sehingga mimpi kita Jakarta Kota Tua bisa direvitalisasi bisa segera dibuat," lanjut Marie.

Mantan Menteri Keuangan itu menjelaskan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menyiapkan undang-undang untuk menaungi revitalisasi kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Marie pun berharap kawasan tersebut dapat menjadi pusat sejarah DKI bagi generasi kelak.

Dalam kesempatan yang sama, Joko Widodo mengungkapkan, meski diakui akan sulit dalam melakukan koordinasi antarlembaga terkait, Jokowi ikut optimistis dalam program revitalisasi. Mantan Wali Kota Surakarta itu pun memastikan akan melakukan revitalisasi gedung-gedung tua di lahan seluas 800 hektar itu tahun 2013 ini.

"Tahun ini. Kita sudah memohon ke presiden, ke kementerian. Kota Tua akan terus-menerus kita kejar agar ini bisa segera dimulai," lanjutnya.

Seperti diketahui, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan beberapa kementerian lain berencana menggelar pesta rakyat bertajuk "Kota Tua Create Festival" pada bulan Agustus hingga September 2013 mendatang. Acara itu adalah bagian dari upaya revitalisasi Kota Tua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com