Kompas.com - 10/05/2013, 17:41 WIB
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama sama-sama menonjol dalam memimpin Jakarta. Namun, ditegaskannya, dia bukan saingan Jokowi, melainkan pendukung Gubernur DKI Jakarta itu.

Adanya isu bahwa Jokowi dan Basuki kerap tak kompak, menurut dia, itu hanya diembuskan oleh orang-orang yang memang ingin mereka retak. Pada kenyataannya, Basuki mengaku, hubungannya dengan Jokowi saling mendukung.

"Tudingan-tudingan orang yang berharap kita retak. Kalau retak, kan, kasihan kaya Pak Foke, kerja sendirian. Jakarta, kan, luas," kata Basuki saat berbincang dengan Rosiana Silalahi, seperti dilansir dari Youtube.

"Gubernur kerja sendiri, dia keliling, di dalam enggak ada yang jaga. Terus dipikirannya ada wakil yang ingin menyodok beliau, kalau begitu, kan, susah," cetus Basuki.

Menurut Basuki, karena itulah ada deputi gubernur dan asisten deputi gubernur yang ikut membantu kerja Jokowi. Sementara Basuki menekankan dirinya sebagai staf pribadi Jokowi yang membantu agar mantan Wali Kota Surakarta itu sukses memimpin Jakarta.

"Enggak ada imbang-imbangan. Saya sudah berjanji kepada beliau, tugas saya sebagai wakil adalah membuat dia sukses. Itu janji kampanye saya," ucap pria yang akrab disapa Ahok tersebut.

Saat rapat, lanjut Basuki, Jokowi selalu menyerahkan soal kesimpulan dan detailnya kepada Basuki. Setiap hari, Basuki juga menyerahkan notula semua pekerjaannya.

Seperti sempat diberitakan, di akhir masa jabatan, Fauzi Bowo dan Prijanto tidak berakhir manis. Prijanto sempat mengajukan surat pengunduran diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Namun, pengunduran dirinya ditolak DPRD DKI Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.