Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Tak Ingin Senasib dengan Foke-Prijanto

Kompas.com - 10/05/2013, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama sama-sama menonjol dalam memimpin Jakarta. Namun, ditegaskannya, dia bukan saingan Jokowi, melainkan pendukung Gubernur DKI Jakarta itu.

Adanya isu bahwa Jokowi dan Basuki kerap tak kompak, menurut dia, itu hanya diembuskan oleh orang-orang yang memang ingin mereka retak. Pada kenyataannya, Basuki mengaku, hubungannya dengan Jokowi saling mendukung.

"Tudingan-tudingan orang yang berharap kita retak. Kalau retak, kan, kasihan kaya Pak Foke, kerja sendirian. Jakarta, kan, luas," kata Basuki saat berbincang dengan Rosiana Silalahi, seperti dilansir dari Youtube.

"Gubernur kerja sendiri, dia keliling, di dalam enggak ada yang jaga. Terus dipikirannya ada wakil yang ingin menyodok beliau, kalau begitu, kan, susah," cetus Basuki.

Menurut Basuki, karena itulah ada deputi gubernur dan asisten deputi gubernur yang ikut membantu kerja Jokowi. Sementara Basuki menekankan dirinya sebagai staf pribadi Jokowi yang membantu agar mantan Wali Kota Surakarta itu sukses memimpin Jakarta.

"Enggak ada imbang-imbangan. Saya sudah berjanji kepada beliau, tugas saya sebagai wakil adalah membuat dia sukses. Itu janji kampanye saya," ucap pria yang akrab disapa Ahok tersebut.

Saat rapat, lanjut Basuki, Jokowi selalu menyerahkan soal kesimpulan dan detailnya kepada Basuki. Setiap hari, Basuki juga menyerahkan notula semua pekerjaannya.

Seperti sempat diberitakan, di akhir masa jabatan, Fauzi Bowo dan Prijanto tidak berakhir manis. Prijanto sempat mengajukan surat pengunduran diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Namun, pengunduran dirinya ditolak DPRD DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com