Kompas.com - 10/05/2013, 18:12 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- Penyediaan kantong plastik di toko retail di Jakarta hendak diberlakukan. Upaya ini untuk mendukung pengurangan sampah plastik di kalangan masyarakat.

Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk mendukung pengurangan konsumsi kantong plastik di wilayah ibu kota.

"GIDKP mengusulkan satu hari tanpa kantong plastik, namun Wagub DKI malah menawarkan satu bulan," kata Tiza Mafira penggagas petisi www.change.org/pay4plastic di Jakarta, Jumat (10/5/2013).

Menurut Tiza, dalam rangka HUT Jakarta, Pemprov DKI akan mengeluarkan himbauan kepada 74 toko retail yang mengikuti Jakarta Festival Great Sale (JFGS), untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Sebanyak 74 toko ini dihimbau untuk tidak menyediakan kantong plastik secara gratis, dan menyediakan tas belanja alternatif yang dapat dipakai kembali, antara 1-30 Juni.

"Komitmen luar biasa dari Pemprov DKI. Kami berharap himbauan ini tidak berhenti di bulan Juni, tapi menjadi sebuah praktek yang berkelanjutan," ujar Tiza.

Tiza memulai petisi di Change.org menjelaskan setelah banjir besar melanda Jakarta, ia melihat limbah plastik yang banyak dan menjadi salah satu penyebab banjir. Kampanye #pay4plastic ditujukan kepada pusat perbelanjaan besar untuk tidak menyediakan kantong plastik secara gratis dan mengajak pelanggan menggunakan tas belanja yang dapat digunakan kembali.

Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik merupakan koalisi yang terdiri dari Greeneration Indonesia, WWF, LeafPlus, dan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan hidup.

Menurut Arief Aziz, Co-Founder Change.org Indonesia,GIDKP termasuk yang tercepat mendapatkan respon dari yang dipetisikan. Namun, agar himbauan ini dapat berkelanjutan, dibutuhkan tanda tangan yang lebih banyak lagi.

Menurut data dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Jakarta menghasilkan 8.000 ton sampah dan 13,25 persen atau sekitar 1.060 ton adalah sampah plastik dan sebagian dari volume ini adalah kantong plastik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.