Belum Jelas, Motif Perusakan Halte Bus Transjakarta

Kompas.com - 12/05/2013, 14:43 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusakan halte bus Transjakarta terjadi berkali-kali. Kejadian paling sering terjadi di rute yang sama yaitu Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit). Perusakan terakhir terjadi di Halte Pancoran Tugu dan Pancoran Barat di Jalan MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (12/5/2013) dini hari. Perusakan itu mengakibatkan kaca halte pecah, yang diduga karena benturan benda tajam atau keras.

"Belum jelas apa yang membuat kaca halte pecah. Kami juga belum dapat mengetahui motif perusakan halte ini, sebab meskipun terjadi berkali-kali di Koridor IX, pelaku belum pernah tertangkap," kata Kepala Badan Layanan Umum Transjakarta, M Akbar, Minggu siang.

Akbar belum dapat menduga apa motif pelaku. Jika pelaku ingin meneror penumpang, peristiwa itu terjadi di luar jam operasional Transjakarta. Akbar yakin, tujuannya bukan utuk meneror penumpang.

Begitu pun dengan dugaan teror ke pengelola Transjakarta. Akbar tidak yakin ada motif itu, karena tidak ada peristiwa yang mendahului perusakan halte.

"Tidak pernah ada surat ancaman yang dikirim orang ke kantor. Saya kira itu bukan teror ke pengelola transjakarta. Dugaan sementara perusakan itu karena orang iseng. Pelakunya mungkin sama. Paling tidak orang yang mengenal tempat kejadian," kata Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.