Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rudenim Tak Cukup, 98 Imigran Gelap Diinapkan di Hotel

Kompas.com - 13/05/2013, 13:59 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Sebanyak 98 imigran gelap yang diamankan petugas Polair Polda Bali di Perairan Bali Selatan, Minggu (12/5/2013) akhirnya bersedia dievakuasi dari kapal setelah bernegosiasi dengan polisi dan Imigrasi.

Mereka kini diinapkan sementara di tiga hotel wilayah Denpasar karena Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) tidak bisa menampung.

"Rudenim tidak cukup, hanya ada 3 room kapasitasnya untuk 15 orang," ujar Kasi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, Saroha Manullang saat dihubungi Senin (13/5/2013).

22 imigran untuk sementara diinapkan di Hotel Oka, 42 imigran di Hotel Warta, dan 34 sisanya di Hotel Barito Denpasar.

Dari hasil pemeriksaan sementara, seluruh pencari suaka ke Australia ini mengaku berasal dari Iran. Petugas Imigrasi masih melakukan pendataan dan dokumen-dokumen yang mereka miliki.

Imigrasi Denpasar dan Polda Bali kini sedang berkoordinasi untuk menentukan langkah apa yang akan dilakukan terhadap para imigran ini.

Seperti diberitakan, sekitar seratus imigran dari Timur Tengah diamankan oleh Polair Polda Bali saat melakukan patroli di sekitar perairan Bali Selatan, Minggu (12/5/2013) pukul 05.00 Wita pagi tadi. Imigran yang terdiri dari anak-anak, wanita dan pria dewasa ini bersembunyi di Palka Kapal yang biasa digunakan untuk mengangkut ikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com