Kompas.com - 13/05/2013, 16:01 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Joko Widodo memastikan akan melantik Wali Kota Jakarta Barat, yang akan dijabat oleh H Fathahilah dan Wali Kota Jakarta Selatan, yang diisi oleh Syamsudin Noor. Kedua Wali Kota baru tersebut akan dilantik minggu ini.

"Iya, benar dua-duanya minggu ini akan dilantik," kata Made di Balaikota Jakarta, Senin (13/5/2013).

Made pun membenarkan kalau Syamsudin Noor akan dilantik Jokowi pada Rabu (15/5/2013) di Setu Babakan, Jakarta Selatan. Sementara Fatahillah akan dilantik menjadi Wali Kota Jakarta Barat pada Kamis (16/5/2013) di Kampung Apung, Jakarta Barat.

Menurut Made, setiap pemimpin memiliki cara tersendiri untuk melantik pejabat mereka. Jokowi yang mengubah tradisi pelantikan pejabat DKI, yang biasanya Gubernur melantik wali kota di Balaikota, Jokowi melantik pejabat di tempat wilayah tersebut yang tidak diduga sebelumnya, seperti saat ia melantik HR Krisdianto dan Husein Murad menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jakarta Timur di Kampung Pulo Jahe, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

"Sebenarnya tidak harus ke tempat yang kumuh atau bagaimana, yang penting kan esensinya dan lokasi itu mungkin bisa menjadi simbol wilayah itu," kata Made.

Made mengatakan, kedua nama tersebut telah diserahkan ke DPRD DKI. Setelah melalui verifikasi di DPRD, dua nama tersebut pun dipastikan mengisi jabatan.

Wali Kota Jakarta Selatan saat ini dijabat pelaksana tugas (Plt) Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor. Ia menggantikan Anas Effendi yang sebelumnya dimutasi menjadi Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Sementara Wali Kota Jakarta Barat yang sebelumnya dijabat oleh Burhanuddin, diisi sementara oleh Asisten Sekda DKI Jakarta bidang Pemerintahan, Sylviana Murni. Burhanuddin mengundurkan diri karena maju sebagai calon anggota DPRD DKI dari Partai Gerindra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.