Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD DKI Terkejut Komnas HAM Turun ke Pluit

Kompas.com - 13/05/2013, 16:31 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta Sayogo Hendro Subroto terkejut dengan adanya langkah dari Komnas HAM yang turun ke Waduk Pluit, Jakarta Utara.

Sayogo baru tahu dari pemberitaan media terkait hal ini. Dia khawatir relokasi warga di Waduk Pluit melebar ke ranah politik sehingga menjadi polemik baru.

"Oh ada Komnas HAM turun. Saya belum tahu. Sebaiknya relokasi warga di sana tidak menjadi polemik politik. Saya tidak tahu dampak selanjutnya, semoga tidak semakin buruk," kata Sayogo, Senin (13/5/2013) di Jakarta.

Sayogo enggan memberi komentar lebih jauh. Persoalan relokasi Waduk Pluit lebih banyak ditangani oleh Komisi D (Bidang Pembangunan) DPRD DKI.

"Lebih baik menanyakan ke Komisi D saja, mereka yang lebih paham," kata Sayogo.

Hari ini komisioner Komnas HAM mengunjungi warga di sekitar Waduk Pluit. Mereka menggelar dialog dengan warga setempat terkait dengan rencana relokasi warga dari tempat itu.

Pemprov DKI Jakarta berencana mengembalikan fungsi waduk seperti semula sebagai resapan air. Namun, sebagian warga masih keberatan karena pertimbangan beberapa hal.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dalam beberapa kali kesempatan siap berhadapan dengan Komnas HAM.

Basuki akan menjelaskan bahwa pendudukan warga di lahan negara menyalahi ketentuan.

"Jika mereka yang menduduki lahan negara bertahun-tahun lalu meminta hak ganti rugi, siapa yang melanggar HAM. Pembela HAM harus paham persoalan ini," kata Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com