Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Minta Penggerak Teknologi Dukung "Smart City"

Kompas.com - 14/05/2013, 12:24 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Basuki Tjahaja Purnama mengharapkan agar penggerak teknologi tersebut dapat mendukung visi misi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Basuki untuk mewujudkan Jakarta sebagai sebuah smart city.

Harapan ini disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta dalam sambutannya di acara IBM Technology Conference and Expo 2013. Ajang teknologi terbesar di Indonesia ini menawarkan sistem dan perangkat lunak untuk meningkatkan komputasi bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Basuki pun mengharapkan, melalui acara ini, dapat memunculkan event kerjasama dengan Pemprov DKI yang lebih baik. "Sekarang saya mohon bapak-bapak dan ibu-ibu membantu kami untuk mewujudkan Jakarta Baru dengan konsep smart city," kata Basuki di Pacific Place Jakarta, Selasa (14/5/2013).

Saat ini, kata Basuki, pembayaran pajak online DKI menggunakan perangkat IBM. Bahkan, ia bermimpi untuk menyiapkan fiber optic hingga ke tingkat RW sehingga memudahkan warga mengurus surat-surat perizinan maupun administrasi secara online.

"Kebetulan pajak online kami menggunakan main frame IBM. Kami berpikir setiap keluruhan menyiapkan fiber optic, sehingga bapak ibu cukup datang di kantor terdekat, cukup secara online. Kita hanya taruh satu dua orang di kantor pusat," kata pria yang akrab disapa Ahok itu.

Untuk diketahui, sistem ini sebagai jawaban untuk analisa big data security sistem teknologi pada perusahaan di masa depan. IBM Technology Conference & Expo adalah ajang tahunan yang menghubungkan pelangggan dengan mitra bisnis, serta vendor IBM software dan para pakar dibidang tekhnologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com