Kompas.com - 14/05/2013, 15:20 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi menghindari menjamurnya permukiman warga di bantaran Waduk Pluit sebelah Barat, pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun jalan di sepanjang bantaran waduk yang sudah dibongkar. Jalan yang akan dibangun sepanjang 2 kilo meter dari arah Pluit Timur sampai Pluit Selatan.

"Kita juga membangun jalan inspeksi di pinggiran waduk agar tidak ada bangunan lagi yang dibangun," kata Heryanto, Koordinator Program Normalisasi Kawasan Waduk Pluit di Waduk Pluit, Selasa (14/5/2013).

Heryanto mengungkapkan, lebar jalan inspeksi ini sekitar 10 meter. Nantinya, pengguna jalan bisa memotong jalan melalui bantaran waduk supaya bisa menghemat waktu dan mengurai kemacetan di jalan besar yang normal. Jalan inspeksi akan membentang dari pos polisi Pluit Timur sampai dengan Apartemen Laguna.

Menurut Heryanto, sebenarnya pembangunan jalan ini sudah direncanakan. Akan tetapi, baru bisa dilaksanakan karena sebelumnya banyak warga yang sudah tinggal di bantaran waduk tersebut dan tidak mau direlokasi.

Dibangunnya jalan inspeksi ini, kata dia, akan memberi kemudahan kepada warga dengan adanya jalan alternatif. Pembangunan ini juga supaya warga tidak nekat membangun pemukiman kembali karena jalan dicor sedalam 25 sentimeter.

Heryanto mengungkapkan, jalan di sekitar Taman Burung ini sebelumnya dihuni oleh ratusan kepala keluarga dengan jumlah sekitar 900 bangunan. Warga yang telah direlokasi dipindahkan ke Rusun Budha Tzu Chi, Cengkareng, Jakarta Barat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.