Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantaran Waduk Pluit Dibangun Jalan Selebar 10 Meter

Kompas.com - 14/05/2013, 15:20 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi menghindari menjamurnya permukiman warga di bantaran Waduk Pluit sebelah Barat, pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun jalan di sepanjang bantaran waduk yang sudah dibongkar. Jalan yang akan dibangun sepanjang 2 kilo meter dari arah Pluit Timur sampai Pluit Selatan.

"Kita juga membangun jalan inspeksi di pinggiran waduk agar tidak ada bangunan lagi yang dibangun," kata Heryanto, Koordinator Program Normalisasi Kawasan Waduk Pluit di Waduk Pluit, Selasa (14/5/2013).

Heryanto mengungkapkan, lebar jalan inspeksi ini sekitar 10 meter. Nantinya, pengguna jalan bisa memotong jalan melalui bantaran waduk supaya bisa menghemat waktu dan mengurai kemacetan di jalan besar yang normal. Jalan inspeksi akan membentang dari pos polisi Pluit Timur sampai dengan Apartemen Laguna.

Menurut Heryanto, sebenarnya pembangunan jalan ini sudah direncanakan. Akan tetapi, baru bisa dilaksanakan karena sebelumnya banyak warga yang sudah tinggal di bantaran waduk tersebut dan tidak mau direlokasi.

Dibangunnya jalan inspeksi ini, kata dia, akan memberi kemudahan kepada warga dengan adanya jalan alternatif. Pembangunan ini juga supaya warga tidak nekat membangun pemukiman kembali karena jalan dicor sedalam 25 sentimeter.

Heryanto mengungkapkan, jalan di sekitar Taman Burung ini sebelumnya dihuni oleh ratusan kepala keluarga dengan jumlah sekitar 900 bangunan. Warga yang telah direlokasi dipindahkan ke Rusun Budha Tzu Chi, Cengkareng, Jakarta Barat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com