Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Bersyukur Uang di ATM Balaikota Tak Raib

Kompas.com - 14/05/2013, 16:10 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Walaupun anjungan tunai mandiri (ATM) Bank DKI yang berada di Balaikota Jakarta rusak akibat dibobol maling pada Senin (13/5/2013) kemarin, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama masih bersyukur karena uang ATM itu tidak sempat diambil.

"Yang penting kan harus selalu bersyukur, untung uangnya belum sempat diambil," kata Basuki di Pacific Place Kuningan, Jakarta, Selasa (14/5/2013).

Diketahui sebelumnya, mesin ATM Bank DKI di Kompleks Balaikota Jakarta diduga hendak dijarah. Bagian rangka depan mesin ATM tampak rusak seperti bekas dicongkel.

Mesin ATM itu terdiri dari dua bagian, yakni bagian penyimpan uang di bagian bawah dan bagian tombol di bagian atas. Keduanya dilapisi dengan rangka baja bertebalan sekitar 5 sentimeter. Bagian itu dirusak sehingga rangka dan mesinnya terpisah.

Pencongkelan rangka dari bagian belakang diduga menggunakan besi semacam linggis karena terdapat patahan dan sisa-sisa karat pada rangka itu. Kamera CCTV yang berada di dekat mesin ATM itu juga ternyata mati dan berubah posisi.

Basuki pun mengakui kalau CCTV yang ada di ATM Bank DKI sudah tidak berfungsi kembali. Oleh karena itu, ia meminta para perusahaan penggerak teknologi, seperti IBM, untuk membantu Pemprov DKI mencari jalan keluar untuk keamanan dan kenyamanan fasilitas publik.

"Sehingga nanti tiap di jalan raya, setiap ATM itu dikasih CCTV. Tapi, kita maunya CCTV yang kalau ditembak senjata api tidak pecah karena ini menyangkut keamanan," kata mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com