Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stadion Lebak Bulus Jadi Dibongkar

Kompas.com - 16/05/2013, 03:11 WIB

Jakarta, Kompas - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal membongkar Stadion Lebak Bulus yang akan dijadikan depo transportasi cepat massal (MRT). Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan hal itu, Rabu (15/5).

”Stadion Lebak Bulus jadi dibongkar. Yang penting pem- bebasan lahan segera selesai,” ujarnya.

Pernyataan Basuki cukup mengejutkan karena hingga pekan lalu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan pemprov masih banyak berhitung soal digusur atau tidaknya Stadion Lebak Bulus. Jokowi berjanji memikirkan tempat yang tepat bagi tim sepak bola Jakarta, Persija, untuk berlatih.

Kalaupun Stadion Lebak Bulus harus digusur, Pemprov DKI menyediakan dua tempat alternatif sebagai pengganti, yaitu di Taman BMW, Jakarta Utara, dan di Kecamatan Ulujami, Jakarta Selatan. Menurut rencana, di kedua tempat itu, Pemprov DKI bakal membangun stadion bertaraf internasional.

Lahan alternatif sulit

Semula, Jokowi menolak pembongkaran stadion tersebut dan lebih memilih lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Kampung Bandan untuk dijadikan depo MRT. Akan tetapi, sampai saat ini, belum ada persetujuan dari PT KAI. Untuk itu, Jokowi pun masih berupaya agar kerja sama dengan PT KAI dapat direalisasikan.

Alternatif di Ulujami, hingga kemarin, juga belum diketahui lokasi persis yang dipilih untuk dijadikan stadion. Sampai saat ini, tepatnya di Kelurahan Petukangan, Pesanggrahan, justru masih bermasalah karena pembebasan lahan untuk proyek Jakarta Outer Ring Road West 2 (Jalan Lingkar Luar Jakarta Barat 2) belum terselesaikan.

Sopir khawatir

Penggusuran dan perubahan tata lahan di Lebak Bulus untuk MRT tak hanya bakal menggusur Stadion Lebak Bulus. Terminal Lebak Bulus dan para pengusaha angkutan umum yang beraktivitas sehari-hari di lokasi tersebut juga akan terkena imbasnya.

”The Jak”, pendukung setia Persija, sejak beberapa hari terakhir, seperti diberitakan di Kompas. com, berencana berunjuk rasa jika Stadion Lebak Bulus jadi digusur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com