Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Bagikan 10 Ribu Tiket Gratis "Ariah"

Kompas.com - 16/05/2013, 07:10 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan akan ada 10 ribu tiket gratis menonton pagelaran musikal tari kolosal bernuansa Betawi, "Ariah". Pagelaran akan berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Jokowi mengatakan, panitia menyediakan 15 ribu tiket untuk pertunjukan tersebut. Dari kapasitas itu, 5.000 tiket akan dijual, sedangkan 10 ribu tiket yang lain akan dibagikan gratis ke kampung-kampung di Jakarta.

"Biar gratis tetap pakai tiket. Tapi, nanti yang gratis langsung dibagikan ke kampung-kampung," kata Jokowi, di Balaikota Jakarta, Rabu (15/5/2013) malam. Untuk tiket berbayar, kata dia, banyak pihak yang memberikan bantuan berupa sponsor. Mantan Wali Kota Surakarta itu enggan menyebutkan siapa saja sponsor yang mendukung acara tersebut. Jokowi mengatakan untuk kalangan yang mampu membayar, dipersilakan membeli tiket.

Pagelaran sengaja dilangsungkan di Monas, kata Jokowi, agar masyarakat dari berbagai kalangan dapat menikmati pertunjukan besutan Jay Subiakto dan Erwin Gutawa tersebut. "Kalau di dalam ruangan, kita-kita saja yang bisa tonton. Kalau di tempat elite, hanya beberapa orang yang lihat," kata Jokowi.

Pagelaran musikal tari kolosal bernuansa Betawi, "Ariah", diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-486 DKI Jakarta. "Ariah" bercerita tentang kisah perjuangan perempuan mempertahankan martabat dan kehormatannya. Dijadwalkan pagelaran berlangsung tiga hari, mulai 28 Juni 2013 hingga 30 Juni 2013 pada pukul 19.00 WIB di sisi selatan Monas.

Sebanyak 200 penari dan 100 musisi orkestra terlibat dalam pagelaran ini. "Ariah" akan dipentaskan di panggung terbesar di Indonesia. Tiga level panggung besar itu menjadi simbol tiga tingkatan Monas, yaitu cawan, tugu, dan emas.

Beberapa bidang panggung juga akan dibuat miring dengan sudut 15, 20, dan 35 derajat. Adapun beberapa instrumen musik tradisional Betawi yang suaranya dimasukkan dalam orkestra adalah rebana biang, rebab, gamelan ajeng, dan gambang kromong.

Selain pagelaran ini, ulang tahun Jakarta juga akan dimeriahkan dengan beragam kegiatan dan program. Mulai dari penggratisan tiket Transjakarta dan tiket masuk Taman Margasatwa Ragunan (TMR), hingga lomba maraton Jakarta International 10K, Jakarta Great Sale, Jakarnaval, dan Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Masih dalam rangkaian perayaan, akan berlangsung pula Jakarta Night Festival. Kegiatan ini diramaikan dengan delapan panggung hiburan di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com