Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyekap Perempuan di AS Mengaku Tak Bersalah

Kompas.com - 16/05/2013, 09:53 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com — Pria yang dituduh telah menyekap tiga perempuan muda AS selama sekitar satu dekade di sebuah rumah di Cleveland akan menyatakan tidak bersalah atas tuduhan perkosaan dan penculikan, kata salah seorang pengacaranya. "Akan ada pernyataan tidak bersalah," kata Jaye Schlachet, pengacara untuk Ariel Castro yang telah menjadi tersangka, Rabu (15/5/2013).

Schlachet tidak menjelaskan, atas dasar apa Ariel Castro akan menyatakan bahwa dirinya tidak bersalah dalam kasus yang mengejutkan Amerika itu. Pengacara itu mendesak masyarakat untuk menahan diri dalam menjatuhkan penilaian yang terburu-buru. "Dia bukan monster dan dia tidak boleh dijelekkan oleh media," kata pengacara itu lagi.

Castro (52 tahun), yang ditahan karena tidak dapat membayar denda senilai 8 juta dollar AS, didakwa telah menculik dan memerkosa tiga perempuan selama sekitar 10 tahun. Salah satu dari perempuan itu bahkan melahirkan anak dari hasil hubungannya dengan Castro dalam penyekapan tersebut.

Para jaksa mengatakan, mereka juga dapat menuntut Castro dengan pembunuhan sejumlah bayi yang belum lahir. Setidaknya salah satu perempuan itu keguguran karena pemukulan. Kejahatan jenis itu bisa diancam dengan hukuman mati.

Michelle Knight (32 tahun), Gina DeJesus (23), dan Amanda Berry (27) dibebaskan pada 6 Mei setelah seorang tetangga mendengar panggilan minta tolong Berry dan menendang pintu rumah Castro di lingkungan kelas pekerja di Cleveland.

"Semua bukti akan diungkapkan di pengadilan," kata Schlachet. "Saya meminta masyarakat untuk tidak terburu-buru, untuk mempertimbangkan segala sesuatu sebelum menyampaikan penilaian."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com