Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Brimob Bukan untuk Intimidasi Warga

Kompas.com - 16/05/2013, 23:14 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, keberadaan Brigadir Mobil (Brimob) Polda Metro Jaya di sekitar Waduk Pluit bukan untuk mengintimidasi warga yang tinggal di tempat tersebut. Akan tetapi, mereka diminta untuk menjaga alat-alat berat yang sempat dirusak oleh warga.

"Kami minta Satpol PP, tapi Satpol PP enggak punya senjata, sedangkan mereka (perusak) serem-serem bawa senjata. Makanya, kita minta di-back up Brimob. Itu kan sesuai prosedur, bukan untuk intimidasi," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (16/5/2013).

Basuki mengatakan, dirinya sempat meminta kepala dinas terkait untuk datang ke lokasi rusun di sekitar Waduk Pluit. Namun, warga mengancam akan membakar hidup-hidup kepala dinas tersebut. Dengan sifat keras warga yang seperti itu, kata Basuki, maka menjadi hal yang lumrah jika pemprov meminta bantuan anggota Brimob Polda untuk mengamankan aset-aset pemda. Belum lagi saat alat berat backhoe sampai ke Waduk Pluit, warga melempari backhoe tersebut sampai kacanya pecah.

Ia menyebutkan, keberadaan Brimob, polisi, dan satpol PP ini untuk menjaga keamanan di sekitar waduk. Akan tetapi, warga menyangka hal ini merupakan bagian dari intimidasi. Menurut Basuki, warga di bantaran waduk tersebut lebih galak dibandingkan petugas kepolisian atau Brimob Polda.

"Ya gimana intimidasi, orang mereka yang lebih galak. Kalau enggak pakai penertiban, apa yang terjadi? Alat berat masuk ditimpuk, pecah satu kaca," kata Basuki.

Basuki melanjutkan, masalah lain timbul ketika lahan yang sudah digusur ditinggal sebentar oleh petugas penjaga. Ia mengatakan, bangunan rumah akan kembali berdiri dalam jangka waktu 3 hari. Jika hal ini dibiarkan, maka pertumbuhan kampung kumuh akan terus bertambah sehingga angka kemiskinan tidak akan berkurang.

Menurut Basuki, penjagaan yang dilakukan pemerintah bukan untuk mengintimidasi. Tidak semua polisi di sana dibekali senjata api untuk menakuti warga. Mereka juga datang bergantian atau secara shift sehingga tidak akan menakuti atau mengintimidasi warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com