Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Elpiji 3 Kg di Sumenep Rp 30.000

Kompas.com - 17/05/2013, 10:13 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

SUMENEP, KOMPAS.com - Harga elpiji tabung tiga kilogram di Kabupaten Sumenep, khususnya di kepulauan semakin menggila, sampai tembus Rp 30.000 per tabung dalam dua pekan terakhir.

Harga itu berlaku seperti di Pulau Masalembu, Pulau Sepudi, Pulau Kangean, Pulau Paliat, Pulau Spenjang dan Pulau Sapek serta beberapa pulau kecil lainnya.

Abdul Halim, warga Pulau Paliat melalui sambungan ponselnya kepada Kompas.com, Jumat (17/05/2013) mengungkapkan, jika hari-hari biasa harga tabung tiga kilogram di kisaran Rp 19.000-22.000. Namun belakangan sejak dua pekan ini, harganya terus merangkak dari Rp 27.000-30.000.

"Saya tidak tahu apa masalahnya harganya bisa mahal seperti itu. Semua warga di pulau ini kebingungan," ungkapnya.

Halim menambahkan, selain harganya mahal para penjual membatasi pembelian. Masing-masing orang hanya dijatah satu tabung saja. Jika mau menambah, harganya bisa semakin mahal. "Kalau beli dua tabung bisa Rp 62.000," sambungnya.

Meskipun harga sudah tidak wajar, warga masih terus memburu tabung berwarna hijau itu. Namun kata Halim, sebagian warga yang tidak kuat membelinya memilih beralih menggunakan kayu bakar. "Kalau terus-terusan bertahan dengan menggunakan elpiji, maka warga tidak membeli kebutuhan lainnya," cetusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com