Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasi Kotak Kiriman Jokowi Ditolak Warga Waduk

Kompas.com - 17/05/2013, 16:42 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengirimkan puluhan nasi kotak untuk warga Muara Baru, Pluit, Jakarta Utara, ke posko yang didirikan warga. Namun, pemberian itu ditolak.

Nasi kotak itu dibawa oleh mobil Innova berwarna hitam, yang datang sekitar pukul 15.10, Jumat (17/5/2013). Setelah itu, tiga orang yang berada di dalam mobil keluar dan langsung membuka pintu belakang mobil yang berisikan 84 kotak nasi.

Dua orang pria menggunakan baju safari berwarna biru gelap dan seorang mengenakan baju berwarna putih terlihat menenteng nasi kotak tersebut ke posko warga Muara Baru. Petugas Satpol PP yang sedang bertugas di lokasi ikut membantu.

Sesampainya di posko, mereka langsung meletakkan nasi kotak tersebut di meja yang terletak persis di depan pintu masuk posko. Warga yang sedang berada di posko pun langsung datang menghampirinya.

Ketika mengetahui nasi kotak ini pemberian Gubernur, sontak warga pun menolak. Sambil berteriak-teriak, mereka meletakkan nasi kotak yang tadinya ditaruh di atas meja ke bawah.

"Kami tidak butuh makanan. Kami ingin Jokowi ke sini," teriak salah satu warga, Jumat (17/5/2013).

"Kalau tidak ada Jokowi, Ahok bawa ke sini. Berani tidak dia ke sini," ucap warga lainnya.

Menurut warga, mereka menginginkan Gubernur ataupun Wakilnya datang dan berdialog dengan warga. Mereka mengatakan tidak membutuhkan bantuan yang diberikannya ini.

"Kami bukan binatang, yang dikasih makan bisa jinak," ujar warga yang menolak pemberian nasi kotak itu.

Karena tidak diterima oleh warga, nasi kotak tersebut lantas dibawa kembali oleh Satpol PP. Tak lama kemudian, ketiga pegawai Balaikota itu langsung meninggalkan lokasi.

Selanjutnya, nasi kotak yang sudah ditolak itu akhirnya diberikan kepada petugas, baik Satpol PP, polisi, maupun Brimob yang tengah berjaga di sekitar lokasi. Beberapa dari nasi kotak itu juga diberikan kepada sejumlah anak kecil yang sedang bermain di sekitar bantaran Waduk Pluit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com