Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Jokowi Masih Lekat Dengan Warga Solo

Kompas.com - 18/05/2013, 22:47 WIB
Indra Akuntono

Penulis

SURAKARTA, KOMPAS.com - Sosok Joko Widodo ternyata masih sangat melekat akrab di benak masyarakat Surakarta. Saat menampakkan diri di Solo, sosoknya langsung menyedot perhatian warga yang melihatnya.

Pada Sabtu (18/5/2013), Gubernur DKI Jakarta ini mengunjungi pasar malam Ngasopuro. Pasar malam ini berada di sepanjang Jalan Diponegoro yang menghubungkan antara Jalan Slamet Riyadi dengan Kompleks Mangkunegaran. Sejak sekitar lima tahun lalu, pasar malam di tempat ini selalu buka setiap Sabtu mulai pukul 17.00-23.00.

Sepanjang jalan yang berjarak sekitar 500 meter memang sengaja dikosongkan dari pengguna kendaraan bermotor untuk menampung ratusan pedagang kaki lima (PKL). Aneka dagangan dijajakan di lokasi ini, mulai dari pakaian, makanan, sampai pentas seni. Tak heran bila ratusan masyarakat Solo selalu meluangkan waktu untuk menikmati malam libur di pasar malam ini.

Jokowi tiba di pasar malam Ngasopuro sekitar pukul 21.00. Setibanya di tempat ini, Jokowi sempat menghentikan langkahnya di beberapa lapak penjual topi, sambil sesekali menerima permintaan warga yang meminta berfoto bersama.

Di tengah pasar malam ini, terdapat sebuah pentas seni "Ketoprak Ngampung". Puluhan orang nampak asyik menikmati pertunjukkan khas masyarakat Jawa itu dengan duduk di atas sehelai terpal, sambil menikmati jajanan kecil. Pagelaran ketoprak ini digelar dalam rangka sosialisasi pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2013.

Tiba-tiba saja, acara ketoprak itu sempat terhenti saat sosok Jokowi hadir di tengah-tengah penonton. Seluruh warga yang awalnya menyaksikan pertunjukkan sambil duduk, sontak langsung berdiri, seraya mengambil telepon seluler berusaha mengabadikan momen tersebut.

"Alhamdulillah, Pak Jokowi masih mau ke sini. Kami warga Solo mendukung supaya bapak baik-baik saja di DKI," kata seseorang dari atas pentas dengan menggunakan mikrophon.

Mendengar itu, Jokowi yang mengenakan pakaian putih hitam hanya tersenyum-senyum sambil menganggukkan kepalanya. Sementara warga yang mengerumuni Jokowi terus bertambah banyak. Jokowi lalu melanjutkan langkahnya ke lapak lain. Di sebuah lapak penjual batik dan makanan ia berhenti.

Beberapa potong baju batik, dan sejumlah makanan kecil khas Solo ia beli dan dibungkus dalam beberapa kantong plastik. Lalu ia beristirahat sejenak sambil memesan semangkuk wedang ronde. Di saat yang bersamaan, puluhan warga masih saja terus membuntutinya.

Silih berganti dan terus bertambah banyak. Bahkan warga mengantarnya sampai Jokowi menutup pintu mobil untuk kembali ke rumahnya. Secara terpisah, Ridwan (20) menyampaikan, sosok Jokowi memang masih dirindukan warga Solo. Pasalnya, Jokowi mampu membuat perubahan signifikan selama dirinya menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

"Banyak yang berubah semenjak pak Jokowi memimpin, ada car free night, dan jadi lebih tertata. Ya pasti kami ingin pemimpin seperti pak Jokowi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com