Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kempeskan Ban Bus Transjakarta Tindakan Kriminal

Kompas.com - 20/05/2013, 08:35 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi pengempesan ban bus-bus Transjakarta oleh ratusan warga Klender pada Sabtu (18/5/2013) mendapat kecaman. Pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Darmaningtyas menyebut tindakan warga tersebut merupakan tindakan kriminal.

"Mengempesi ban Transjakarta merupakan tindakan kriminal yang tidak dapat ditoleransi mengingat Transjakarta itu fasilitas umum untuk melayani kebutuhan warga Jakarta dan luar Jakarta yang berkunjung ke Jakarta," kata Darmaningtyas melalui pesan singkatnya, Senin (20/5/2013).

Terkait hal tersebut, Darmaningtyas meminta sebaiknya pihak pemerintah daerah dan kepolisian segera menangkap para pelakunya. Jika tidak dilakukan, maka dikhawatirkan aksi serupa akan terulang di kemudian hari.

"Tindakan itu merugikan warga yang ingin melakukan mobilitas dengan menggunakan transjakarta. Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI Jakarta mestinya menindak warga tersebut agar tidak terulang kembali," ujar Darmaningtyas.

Untuk diketahui, akibat akan digusur oleh PT Graha Karisma, ratusan warga Buaran I, Kelurahan Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, menghentikan dan mengempesi puluhan kendaraan roda empat, termasuk bus Transjakarta di Jalan I Gusti Ngurah Rai. Akibatnya, kendaraan-kendaraan itu tidak bisa jalan dan mengakibatkan kemacetan dua lajur di Jalan tersebut.

Selain itu, truk yang dikempesi juga diparkir membentang agar tidak ada kendaraan yang lewat. Warga menilai perusahaan bertindak sewenang-wenang dengan melakukan penggusuran terhadap mereka. Warga merasa sudah cukup lama tinggal di lahan yang ironisnya secara sah dimiliki oleh PT Graha Karisma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com