Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Waduk Pluit Kecewa Jokowi, Ganjar Pranowo Kena Getahnya

Kompas.com - 21/05/2013, 13:05 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga Waduk Pluit di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, tidak hanya kecewa kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, yang dianggap melanggar kontrak politik pada masa kampanye. Warga juga menyinggung rekan separtai Jokowi, yakni Ganjar Pranowo, yang menjadi calon Gubernur Jawa Tengah.

Sri Handono, warga RT 19/RW 17, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, menilai, jika Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, maka mereka akan melakukan hal yang sama seperti Jokowi, yaitu melanggar isi kontrak politik. Jokowi dianggap mengingkari kontrak politiknya dengan warga Waduk Pluit, terutama menyangkut pemberian status legal terhadap lahan yang mereka tempati.

"Kalau Ganjar-Heru nawarin kontrak politik di Jateng, jangan percaya. Ini buktinya kontrak politik Jakarta bohong semua," kata pria yang mengaku berasal dari Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (21/5/2013).

Pria yang kerap disapa Tirto itu mengatakan, ia dan sejumlah warga di Waduk Pluit sangat kecewa terhadap Jokowi karena Jokowi tetap memaksakan relokasi tanpa melalui dialog bersama warga. Karena alasan itulah, ia pun yakin bahwa rekan satu partai Jokowi di PDI Perjuangan juga akan melakukan hal serupa. Ia tidak ingin warga Jawa Tengah mengalami hal yang sama seperti warga DKI Jakarta yang telah dikecewakan oleh Jokowi.

"Kalau sesuatu yang bagus pasti berkesinambungan, kalau jelek juga sama. Jangan tertipu dengan tawaran kontrak politik, politik itu kotor," ujarnya.

Pada akhir pekan lalu, Jokowi bertolak ke Magelang dan Solo, Jawa Tengah, untuk mengikuti rangkaian kampanye pemenangan Ganjar-Heru. Dalam kegiatan itu, Jokowi bertindak sebagai salah satu juru kampanye.

Pilkada Jawa Tengah akan berlangsung pada 26 Mei 2013. Terdapat tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bersaing, yakni Hadi Prabowo-Don Murdono, Bibit Waluyo-Sudijono Sastro Atmojo, serta Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com