Kompas.com - 21/05/2013, 17:24 WIB
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — DKI Jakarta akhirnya memiliki peraturan daerah tentang pengelolaan sampah. DPRD DKI Jakarta telah mengesahkan Rancangan Perda Pengelolaan Sampah. Aturan ini menggantikan Perda Nomor 5 Tahun 1988 tentang Kebersihan Lingkungan dalam Wilayah DKI Jakarta.

Seusai Rapat Paripurna di DPRD DKI, Selasa (21/5/2013), Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI telah menyusun Naskah Akademis Perda Pengelolaan Sampah ini sejak 2012.

"Perda ini mengatur pengelolaan sampah di DKI Jakarta secara komprehensif. Substansinya tidak hanya mengatur sanksi. Jika hanya mengatur sanksi, sudah diatur dalam Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum," kata Unu.

Ia mengatakan, perda ini mengatur pengelolaan sampah Jakarta dari sumber sampah (hulu) hingga tempat pembuangan akhir atau TPA (hilir). Perda itu mengatur tentang tugas dan tanggung jawab pemerintahan; hak, kewajiban, dan tanggung jawab masyarakat; hak, kewajiban, dan tanggung jawab produsen; insentif dan disinsentif; perizinan; penyelenggaraan pengelolaan sampah; teknologi tepat guna dan ramah lingkungan; kerja sama dan kemitraan; serta pengawasan dan pengendalian; larangan; dan sanksi. (Ahmad Sabran)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.