Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APTB Bekasi Diluncurkan

Kompas.com - 22/05/2013, 03:03 WIB

jakarta, kompas - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan dua rute angkutan perbatasan terintegrasi bus transjakarta, Selasa (21/5). Ke depan, Pemprov DKI Jakarta akan terus menambah rute dan armada untuk melayani pergerakan warga masuk dan keluar Jakarta.

Dua rute yang diluncurkan adalah Bekasi-Tanah Abang dan Bekasi-Bundaran Hotel Indonesia (HI). Dengan dua rute tambahan itu, total sudah ada tujuh rute yang dilayani angkutan perbatasan terintegrasi bus transjakarta (APTB).

Lima rute yang sebelumnya yaitu Ciputat-Kota, Poris Plawad-Taman Anggrek, Bekasi-Pulogadung, Cibinong-Grogol, dan Bogor-Rawamangun.

APTB Bekasi-Tanah Abang dan Bekasi-Bundaran HI juga bisa masuk ke jalur bus transjakarta karena terintegrasi pada Koridor I dan Koridor IX.

Ada sepuluh bus yang akan melayani warga dengan waktu tunggu 15-20 menit. Kapasitas bus sebanyak 85 orang, dengan tarif Rp 5.000 untuk penumpang dalam koridor bus transjakarta dan Rp 6.500 untuk rute terjauh.

Deputi Gubernur DKI Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi Sutanto Soehodho berharap, dengan semakin banyak rute APTB, masyarakat semakin menikmati angkutan publik.

”Hanya dengan ini, kami bisa memikat hati penumpang untuk ikut serta dalam angkutan publik dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, dari 3,67 juta warga Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi yang ulang-alik ke Jakarta, sebanyak 1,33 juta di antaranya (36 persen) berasal dari Bekasi.

Dari jumlah 1,33 juta itu, pemakai sepeda motor sebanyak 0,66 juta (50 persen), mobil 0,35 juta (27 persen), dan angkutan umum 0,31 juta (23 persen).

APTB Bekasi-Tanah Abang memiliki daya angkut 4.800 orang per hari satu arah. Adapun APTB Bekasi-Bundaran HI berdaya angkut 5.780 orang per hari satu arah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com