Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Stasiun Ini Akan Ditertibkan Sebelum 1 Juni 2013

Kompas.com - 23/05/2013, 05:35 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang peluncuran e-ticketing dan tarif baru pada 1 Juni 2013, PT Kereta Api Indonesia berencana melakukan sterilisasi di semua stasiun di wilayah Jabodetabek. Sterilisasi ditargetkan rampung sebelum tanggal itu. 

Dari 63 stasiun di Jabodetabek, 54 stasiun sudah dirapikan. Karenanya, 9 hari tersisa menjelang peluncuran tiket elektronik tersebut akan dipakai untuk menertibkan 9 stasiun yang lain. "(Jadi) 9 hari untuk 9 stasiun dan tanggalnya akan dilakukan secara urut mulai besok hari. Mudah-mudahan kita harapkan dapat berjalan lancar," kata Humas PT KAI Daops I Sukendar Mulya saat dihubungi, Rabu (22/5/2013).

Sukendar menyebutkan, 9 stasiun yang akan segera dirapikan tersebut adalah:
1. Stasiun Duren Kalibata, Jakarta Selatan
2. Stasiun Kranji, Bekasi
3. Stasiun Duri, Jakarta Barat
4. Stasiun Cikini, Jakarta Pusat
5. Stasiun Gondangdia, Jakarta Pusat
6. Stasiun Universitas Indonesia, Depok
7. Stasiun Sawah Besar, Jakarta Pusat
8. Stasiun Mangga Besar, Jakarta Pusat
9. Stasiun Jayakarta, Jakarta Pusat

PT KAI melakukan penertiban pedagang di stasiun se-Jabodetabek sejak Desember 2012. Alasan penertiban, menurut PT KAI, adalah untuk menciptakan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan kereta api beserta penumpangnya, terutama kenyamanan penumpang di peron stasiun.

Selain itu, penertiban juga bertujuan menciptakan fasilitas park and ride di lingkungan stasiun demi meningkatkan jumlah penumpang. Dasar rujukan penertiban di stasiun adalah Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2011 tentang Penugasan PT KAI untuk Menyelenggarakan Prasarana dan Sarana Kereta di Jabodetabek dan Kereta Api Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Jalur Lingkar Jabodetabek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com