Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Dinas Pejabat DKI Jarang Ditempati

Kompas.com - 23/05/2013, 16:37 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengevaluasi keberadaan rumah dinas camat dan lurah.

Rumah dinas itu sebagian jarang ditempati pejabat yang bersangkutan sehingga muncul rencana untuk menghapus rumah dinas itu dan memakainya untuk ruang terbuka hijau.

"Karena sebagian jarang ditempati, kami sedang mengkaji sebenarnya rumah dinas itu bermanfaat apa tidak. Jika jarang ditempati sayang sekali," kata Asisten Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta Sylviana Murni, Kamis (23/5/2013), di Jakarta.

Sejauh ini muncul beberapa rencana terkait evaluasi rumah dinas camat dan lurah. Salah satunya adalah mengubahnya menjadi ruang terbuka hijau yang selama ini kurang di DKI Jakarta.

Rencana lain yang mengemuka adalah mengubah rumah dinas itu menjadi rumah susun sewa dan tempat berdagang pedagang kaki lima.

"Kami sedang mencari solusi terbaik, misal bagaimana menghadapi persoalan lurah atau camat yang belum memiliki rumah," kata Sylviana.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mendorong agar rumah dinas yang tidak layak segera dialihfungsikan. Sebagian camat dan lurah saat ini bisa bekerja tanpa harus tinggal di rumah dinas.

"Semua rumah dinas camat dan lurah dicabut saja. Jadikan taman buat PKL saja. Buat apa semua camat dan lurah ada rumah dinasnya," kata Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com