Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba Betawi di Mal Jakarta

Kompas.com - 23/05/2013, 18:29 WIB
Neli Triana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com— Bulan Juni menjadi bulan yang amat berarti bagi Kota Jakarta. Setiap tanggal 22 Juni, kota ini merayakan ulang tahunnya.

Kini, di tahun 2013, Jakarta bakal genap berusia 486 tahun. Di usianya yang hampir lima abad, Jakarta berbenah, tetapi berupaya tak melupakan akarnya, yaitu akar budaya Betawi.

Per 1 Juni nanti, semua pengelola mal di Jakarta, khususnya yang tergabung dalam Asosisasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia sepakat mempercantik interior gedungnya dengan ragam hiasan Betawi.

Petugas customer service pun akan memakai baju adat Betawi setiap hari.

"Mal di Jakarta tak kalah dengan mal di luar negeri dan di sini jumlahnya banyak sekali. Ini tentu potensi besar yang harus dimanfaatkan," kata Kepala Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Adi Ariantara, Kamis sore ini di Senayan City, Jakarta Pusat.

Selain menawarkan barang-barang bermerek, tak salah jika mal juga sekaligus memamerkan identitas lokal yang sarat makna.

Saat ini, budaya lokal mulai menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Lihat saja ragam makanan khas yang menjadi bagian dari budaya lokal kembali diminati.

Soto Betawi, asinan, sampai gabus pucung bisa dijumpa dan dinikmati di outlet di mal yang turut menghadirkan arsitektur khas Betawi sebagai bagian dari cara pengelolanya memanjakan konsumen.

Dalam rangkaian Festival Jakarta Great Sale 2013, memang tak salah jika slogan Jakarta Baru, Jakarta Kita, turut menggenjot memperkenalkan budaya Betawi kepada semua wisatawan nusantara maupun asing. (NELI TRIANA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com