Kompas.com - 23/05/2013, 18:44 WIB
|
EditorFarid Assifa

GARUT, KOMPAS.com - Satuan Narkoba Polres Garut membekuk empat orang pemuda sebagai pengedar narkotika jenis ganja. Diduga empat pelaku ini merupakan bagian sindikat pengedar ganja, dan telah lama beroperasi di Kabupaten Garut dan sekitarnya. Dari keempat pemuda ini, polisi menyita ganja seberat 1,5 kilogram.

Kasat Narkoba Polres Garut AKP Nurjaman mengatakan, keempat pemuda ini adalah DD (26), DE (25), AH (33), dan AE (32). Mereka merupakan warga Garut yang memiliki jaringan sindikat pengedar ganja di wilayah Tangerang.

Sesuai keterangan para pelaku, ganja berasal dari wilayah Aceh yang diselundupkan ke daerah Jawa Barat. "Keempat tersangka ditangkap di beberapa tempat yang berbeda beberapa hari ke belakang," terang Nurjaman saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (23/5/2013).

Keempat tersangka ditangkap setelah beberapa petugas menyamar sebagai pembeli ganja. Petugas pun melakukan transaksi di pinggir jalan dengan dua orang pelaku. Sampai akhirnya para pelaku ditangkap.

"Para pelaku ada yang menutupi bisnis ganjanya sebagai penjual pulsa dan pegawai cuci steam motor," tambah Nurjaman.

Sasaran para pelaku adalah remaja dan para pelajar di kawasan Garut Kota. Mereka menjual paket ganja siap pakai dengan harga mulai dari Rp 40.000 sampai Rp 50.000 per paket.

Untuk memudahkan mencari konsumennya, para tersangka janjian via telepon selular untuk bertemu di suatu tempat. Saat ini polisi pun masih mengejar beberapa tersangka lain yang diduga masih satu jaringan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pelaku dijerat Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman kurungan penjara maksimal 5 tahun," pungkas Nurjaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.