Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Timur Tengah Meriahkan Jakarta Great Sale

Kompas.com - 23/05/2013, 19:04 WIB
Neli Triana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com-  "Kami selaku panitia penyelenggara Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2013 mencoba membawa kemeriahan FJGS hingga ke kawasan Asia dan Timur Tengah," demikian kata Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia, Handaka Santosa, dalam Konferensi Pers II FJGS 2013 di Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis sore tadi.

Sejak Mei 2013 ini, bekerja sama dengan Asosiasi Tour dan Travel Indonesia (ASITA), panitia FJGS telah menyebarkan brosur ke wilayah Timur Tengah ke lokasi-lokasi yang berpotensi dikunjungi wisatawan, di antaranya hotel, pusat belanja dan tempat wisata.

Laporan dari ASITA, penyebaran brosur dan publikasi terbuka tentang FJGS 2013 dilakukan di Dubai, Jeddah, Kuwait, dan Arab Saudi.

Dalam setiap pameran, setidaknya ada 100 kamar hotel di Jakarta dan sekitarnya dibooking oleh calon wisatawan Timur Tengah yang tertarik dengan acara FJGS.

Sebelumnya, Indonesia sudah cukup dikenal oleh wisatawan Timur Tengah. Mereka antara lain rajin mengunjungi kawasan Puncak, Bogor hingga Bandung, Jawa Barat.

Menurut Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia Wiryanti Sukamdani Jakarta dan Bandung sudah dikenal wisatawan asing sebagai tempat belanja, ragam kuliner memikat, dan suasana daerahnya.

"Potensi ini yang terus menerus harus dikelola," katanya.

Pada FJGS tahun 2012 lalu, terbukti beberapa produk dengan kualitas sama dijual lebih murah di Jakarta daripada di pesta diskon Malaysia.

Jika hal ini bisa dipertahankan, FJGS yang tahun ini memasuki tahun keenam penyelenggarannya bisa makin sukses dan setara dengan pesta diskon di kota-kota besar lain di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com