Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Yakin Sertifikat Lahan Stadion BMW Cepat Rampung

Kompas.com - 23/05/2013, 19:14 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yakin dapat menyelesaikan permasalahan sertifikat lahan untuk pembangunan stadion di Taman BMW, Sunter, Jakarta Utara. Ia menargetkan pembuatan sertifikat itu sudah selesai pada September atau Oktober tahun ini sehingga pembangunan Stadion BMW cepat terlaksana.

"Taman BMW baru diproses sertifikat dan selesai nanti kira-kira September-Oktober sudah enggak ada masalah," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Kamis (23/5/2013).

Jokowi menargetkan pembangunan Stadion BMW rampung pada pertengahan tahun 2015. Stadion itu akan menjadi sebuah stadion bertaraf internasional dengan kapasitas ribuan penonton. Stadion tersebut akan dikelilingi dengan ruang terbuka hijau (RTH) dan terdapat danau di kompleks olahraga tersebut.

Sementara itu, mengenai pembebasan lahan milik warga di daerah itu, Jokowi menyatakan telah memerintahkan Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono untuk intensif mengajak warganya berkomunikasi. "Wali Kota sudah mengajak bicara warga. Semoga tidak ada masalah," kata mantan Wali Kota Surakarta itu.

Proyek ini akan berlangsung secara berkelanjutan setiap tahun dengan total nilai anggaran Rp 1,05 triliun. Tahun ini, Pemprov DKI telah menyiapkan anggaran pembangunan Stadion BMW sebesar Rp 37 miliar. Dana tersebut untuk persiapan pembangunan awal stadion.

Sertifikat lahan BMW sampai sekarang belum rampung. Lahan itu merupakan kewajiban fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) yang disediakan tujuh perusahaan yang diketuai PT Agung Podomoro Land Tbk.

Taman BMW yang terletak di Jalan RE Martadinata itu sudah dicanangkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pada tahun 2010. Taman itu nantinya akan dibangun dengan berbagai fasilitas olahraga, seperti stadion sepak bola yang dilengkapi trek atletik di bagian dalamnya. Di luar stadion akan dibangun dua lapangan sepak bola untuk latihan. Selain itu, ada dua lapangan sepak bola pantai, voli, dan olahraga air. Sisanya akan dibuat waduk dan situ. Stadion yang memakan anggaran lebih dari Rp 1 triliun itu bahkan disebut-sebut akan menjadi stadion termegah di Asia dengan kapasitas penonton 50.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com