Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Tegaskan Tak Ada Ancaman kepada RS Penolak KJS

Kompas.com - 23/05/2013, 20:27 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak memberikan ancaman kepada rumah sakit yang sebelumnya dikabarkan keberatan melayani layanan kesehatan melalui Kartu Jakarta Sehat.

"Enggak (ada ancaman)," kata Basuki menanggapi pertanyaan wartawan soal adanya ancaman terhadap rumah sakit tersebut, Kamis (23/5/2013).

Basuki mengatakan, kabar mengenai mundurnya 14 rumah sakit dari program KJS disebabkan oleh kesalahpahaman. Ia menyebutkan, keberatan atas KJS itu hanya disampaikan oleh staf rumah sakit secara lisan. Setelah mendengar beberapa orang mengatakan mundur dari program KJS, mereka melaporkan kepada Jamkesda. Jamkesda mencatat rumah sakit mana saja yang menyatakan mengundurkan diri. Namun, setelah dicek langsung, direktur utama rumah sakit tersebut menyatakan tidak pernah mengundurkan diri dari KJS.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati mengatakan, dari 16 rumah sakit dikabarkan mengundurkan diri dari KJS, hanya dua rumah sakit yang menyerahkan surat pernyataan pengunduran diri. Adapun 14 rumah sakit lain hanya menyatakan keberatan terkait hal tersebut.

"Itu mereka resmi mundur, ndak jadi piye (enggak jadi bagaimana)? Sudah resmi ada suratnya dan kita lihat suratnya tadi resmi," kata Dien.

Sebelumnya, 14 rumah sakit menyatakan tidak mundur dari kerja sama dengan Pemprov DKI dalam menjalani program KJS. Siang tadi, anggota DPRD Komisi E, 16 rumah sakit, dan dinas kesehatan mengadakan rapat dengar pendapat di gedung DPRD DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com