Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

43 Penerbangan "Delay" akibat Sistem "Check-In" Soekarno-Hatta Rusak

Kompas.com - 24/05/2013, 09:41 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kerusakan sistem check-in ternyata bukan hanya dialami Maskapai Garuda Indonesia, melainkan juga maskapai lain. Akibatnya, ada 43 penerbangan yang mengalami keterlambatan.

Pihak bandara Soekarno-Hatta membenarkan terjadinya kerusakan sistem check-in tersebut. Mereka juga sudah mendapat laporan terkait kerusakan itu. Salah satunya dari Garuda Indonesia, yang penumpangnya mengalami penumpukan di Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta.

"Iya benar. Kami juga mendapat informasi langsung dari pihak Garuda Indonesia," kata Kristanto, perwakilan Humas Bandara Soekarno-Hatta, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/5/2013).

Kristanto mengungkapkan, kerusakan sistem tersebut mulai terjadi sejak Jumat pukul 01.30 WIB sampai pukul 07.40 WIB. Sistem check-in mengalami masalah sehingga petugas bandara harus melakukan check-in penumpang secara manual.

Akibatnya, penumpukan penumpang terjadi dan sangat padat sekali, sementara puluhan keberangkatan pesawat sempat tertunda. Sebanyak 23 pesawat mengalami penundaan keberangkatan selama satu jam, 4 pesawat tertunda keberangkatannya kurang dari satu jam, dan 16 pesawat mengalami keterlambatan lebih dari satu jam. Mengenai jumlah penumpang yang menumpuk, pihaknya tidak mengetahui secara pasti.

Dari kejadian ini, ungkap Kristanto, pihak Bandara Soekarno-Hatta mengimbau kepada Garuda Indonesia supaya tidak ada penumpang yang ditinggal. Jikapun memang ada penumpang yang tertinggal, pihak Garuda Indonesia harus menerbangkan penumpang dengan jadwal selanjutnya.

Untuk saat ini, kata Kristanto, sistem check-in sudah mulai membaik dan bisa berjalan dengan normal. Penumpukan penumpang juga sudah mulai berkurang dibanding beberapa jam sebelumnya. Pesawat-pesawat yang mengalami keterlambatan pun sudah menyusul untuk diberangkatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com