Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Damkar Sulit Tembus Tawuran Warga di Kandea

Kompas.com - 25/05/2013, 18:32 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Akibat tawuran antara warga Kecamatan Bontoala melawan Kecamatan Tallo di inspeksi kanal Jalan Kandea 3, Makassar, yang menggunakan molotov, empat rumah terbakar. Mobil pemadam kebakaran pun sulit menembus lokasi akibat tawuran tersebut.

Lima unit armada pemadam kebakaran terhenti di samping masjid Almarkaz Al Islami. Petugas tidak berani masuk ke lokasi kebakaran, lantaran warga masih terus tawuran menggunakan berbagai senjata tajam, senapan angin, bahkan bom molotov.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Imran Samad yang dikonfirmasi mengatakan, anggotanya tidak berani masuk ke lokasi kebakaran. Sebab, petugas keamanan dari TNI-Polri belum bisa mengamankan situasi.

"Petugas takut masuk ke lokasi, sebab situasinya berbahaya. Jangan sampai petugas pemadam kebakaran jadi sasaran. Jadi saya tunggu instruksi dari aparat keamanan. Jika situasi memungkinkan, barulah bisa masuk. Kami tetap standby kan lima armada tak jauh dari lokasi tawuran," kata Imran Samad, Sabtu (25/5/2013).

Meski petugas pemadam kebakaran tidak berhasil menembus lokasi, namun api mampu dipadamkan oleh warga dengan menggunakan peralatan seadanya. Meski api sudah padam, lemparan bom molotov dari dua kubu masih terus terjadi.

Selain empat rumah warga terbakar akibat lemparan bom molotov, barang-barang warga di Kelurahan Bontoala di lempar ke Kanal oleh kelompok warga Kecamatan Tallo.

Situasi di lokasi sempat mencekam. Pasalnya, warga berbekal berbagai senjata tajam seperti parang, samurai, badik, bambu runcing, panah. Selain itu, warga juga dibekali senapan angin dan bom molotov.

Puluhan warga dari kedua kubu terluka, begitu pun beberapa anggota kepolisian yang mengamankan situasi ikut terkena panah dan peluru senapan angin. Situasi mulai meredam, setelah anggota Garnisun datang dan melepaskan beberapa kali tembakan ke udara dengan menggunakan senjata laras panjang.

Saat ini, situasi berangsur normal dan ratusan personel keamanan dari TNI-Polri disiagakan di sekitar lokasi tawuran di Jl Kandea 3, Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com