Hari Ini, Kelompok Teroris Badri Cs Jalani Sidang Tuntutan

Kompas.com - 27/05/2013, 10:11 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Badri Hartono alias Toni, pimpinan kelompok Al Qaeda Indonesia hari ini, Senin (27/5/2013), dijadwalkan menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Selain Badri, empat rekannya juga dijadwalkan sidang tuntutan hari ini, yaitu Rudi Kurniawan, Wendy Febriangga, Anggry Pamungkas, dan Chamidi alias Kamidi.

"Hari ini sidang tuntutan Badri dan empat lainnya Rudi, Wendy, Anggry, dan Chamidi," demikian informasi Jaksa Penuntut Umum Rini Hartatie, melalui pesan singkat, Senin.

Badri diketahui sebagai pemimpin kelompok Muhammad Thorik (32) yang merencanakan sejumlah aksi teror di Jakarta. Badri dan beberapa anggotanya mahir merakit bom dan pernah mengikuti latihan teror di Poso, Sulawesi Tenggara. Badri juga disebut sebagai anak buah dari Bagus Budi Pranoto alias Urwah. Urwah merupakan pengikut teroris Noordin Mohammad Top yang terlibat kasus pengeboman Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz-Carlton pada 17 Juli 2009.

Jaringan Al Qaeda Indonesia mulanya terungkap saat terjadi ledakan bom rakitan di sebuah rumah Jalan Nusantara, RT 04 RW 13, Beji, Depok, Jawa Barat, awal September 2012 lalu. Kelompok ini merencanakan sejumlah aksi teror di antaranya di Markas Korps Brimob Polda Metro, Kwitang, Jakarta Pusat, dan menyerang komunitas Masyarakat Buddha terkait adanya penindasan kaum Muslim Rohingya di Myanmar. Badri sendiri akhirnya ditangkap Densus 88 di sebuah jalan dekat rumahnya di Desa Griyan RT 05 RW 10 Kelurahan Pajang, Laweyan, Surakarta, pada September 2012 lalu.


Selain Badri, saat itu Densus 88 juga meringkus 8 terduga teroris lainnya di Solo, termasuk Rudi dan Chamidi. Adapun Anggri ditangkap di Kalimantan dan Wendy di Pelabuhan Pantoloan, Palu, Sulawesi Tenggara.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X