Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Dinas Camat Senen Segera Jadi RTH

Kompas.com - 28/05/2013, 10:51 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah dinas camat Senen yang dianggap sudah tidak layak huni akan dirubuhkan dan lahannya digunakan sebagai ruang terbuka hijau (RTH).

"Kalau di Jakarta pusat ada delapan kecamatan. Tapi cuma satu rumah dinas yang sudah tidak layak dan tidak dipakai," kata Saefullah, Wali Kota Jakarta Pusat saat dihubungi wartawan, Selasa (28/5/2013).

Saefullah mengungkapkan, rumah dinas di daerah Menteng tidak ikut dijadikan sebagai ruang terbuka hijau karena baru selesai direnovasi pada akhir tahun lalu.

Sedangkan untuk rumah susun lurah berjumlah 34 rumah. Sampai saat ini masih dievaluasi rumah dinas kelurahan mana yang cocok untuk digunakan sebagai RTH.

Menurut Saefullah, rumah dinas yang berada di pemukiman padat penduduk memang lebih cocok untuk dijadikan sebagai ruang terbuka hijau.

Namun, sampai saat ini Pemprov DKI masih melakukan pendataan semua rumah dinas camat dan lurah.

Saefullah menambahkan, anggaran perbaikan untuk rumah dinas camat Senen sebesar Rp 2 miliar yang tidak pernah digunakan sejak tahun 1990-an saat rumah tersebut dibeli.

Sehingga, dalam waktu dekat lelang untuk proyek pembangunan ruang terbuka hijau di lokasi bekas rumah dinas Camat Senen dapat segera dilakukan.

Sebelumnya, pemerintah provinsi DKI Jakarta akan membongkar sejumlah rumah dinas camat dan lurah di wilayah DKI Jakarta yang dianggap tidak layak huni lagi.

Rumah dinas tersebut nantinya akan dibuat untuk taman pedagang kaki lima atau ruang terbuka hijau supaya tercermin Jakarta yang sehat dan ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com