Kompas.com - 28/05/2013, 13:50 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga Pesanggrahan, Jakarta Selatan, antusias menerima Kartu Jakarta Sehat (KJS). Warga merasa kehadiran KJS sangat membantu warga tidak mampu untuk berobat.

Ayu (38), warga Petukangan Utara, Pesanggrahan, merasa senang mendapatkan KJS tepat pada saat dibutuhkan. Ayu yang tengah mengandung enam bulan berharap, warga pemilik KJS tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik meski tak membayar biaya pengobatan.

"Ini baru punya KJS. Mudah-mudahan nanti walau gratis, pelayanan saat melahirkannya baik dan bagus," ujarnya dalam acara peluncuran KJS di Puskesmas Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Selasa (28/5/2013).

Hal serupa disampaikan oleh Ika (55). Ia berpendapat bahwa kehadiran KJS sangat menguntungkan warga tidak mampu seperti dirinya sehingga dapat berobat tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. "Hebat, bagus membantu orang yang enggak mampu. Saya tidak dipersulit lantaran punya KJS, tetapi ya pakai KK dan KTP juga bisa," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Pesanggrahan Endah Kartika meminta warga pemilik KJS memeriksakan kesehatan sesuai prosedur penggunaan KJS. Warga diharapkan memeriksakan kesehatan, mulai dari puskemas dan tidak langsung meminta rujukan ke rumah sakit.

"Kalau ditolak rumah sakit, bukan salah rumah sakit karena pemeriksaan berkelanjutan harus dari puskesmas. Jika puskesmas enggak bisa menangani, baru akan langsung dirujuk ke rumah sakit tanpa diminta. Jadi, semua harus lewat puskesmas, kecuali gawat darurat," kata Endah saat memberikan penjelasan tentang program KJS.

Endah meyakinkan bahwa saat ini kualitas pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas sudah semakin prima. Ia meminta warga pengguna KJS untuk tidak ragu mendatangi puskesmas. "Jangan ibu-ibu sekadar flu saja langsung ke rumah sakit," ujar Endah.

Peluncuran KJS untuk wilayah Jakarta Selatan dipusatkan di Puskesmas Pesanggrahan dan dimulai pukul 10.30. Acara dihadiri Wali Kota Jakarta Selatan Syamsuddin Noor. Dalam kesempatan itu, Syamsuddin melakukan penyerahan KJS secara simbolik kepada 10 warga Pesanggrahan. Untuk wilayah Jakarta Selatan, KJS yang dibagikan kepada warga sebanyak 11.917 lembar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.