Kompas.com - 28/05/2013, 14:24 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan, pengadaan sarana transportasi massal di Jakarta, seperti monorel dan mass rapid transit, sangat mendesak dilakukan. Bersamaan dengan itu, perlu juga memperluas jalan di Ibu Kota.

Hal itu disampaikan oleh Jokowi kepada peserta Dialog Jakarta Baru 2 di Pusat Dokumen Sastra HB Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Jokowi tak hadir dalam acara itu, tetapi ia sempat menyampaikan pandangannya soal transportasi Ibu Kota melalui sambungan telepon yang diperdengarkan kepada peserta dialog.

"Pertama-tama saya meminta maaf tak bisa hadir karena saya sibuk membagikan KJS kepada warga," ujarnya saat ditelepon oleh Presiden Direktur PolMark Indonesia Eep Saefulloh sebelum dialog berakhir, Selasa (28/5/2013) siang.

Dalam sambungan telepon selama kurang lebih dua menit ini, mantan Wali Kota Surakarta ini mengatakan, kebutuhan transportasi di Jakarta sudah sangat mendesak. Pembangunan transportasi, seperti monorel dan MRT, harus segera terlaksana.

"Sekarang makin macet, makanya kebutuhan transportasi sudah semakin tinggi. Pembangunan monorel dan MRT sudah tidak bisa diundur-undur lagi," kata Jokowi.

Selain pembangunan dan pembenahan transportasi, Jokowi juga mengatakan bahwa pembenahan transportasi harus berbarengan dengan rasio jalan yang ideal. "Sekarang (rasio jalan) yang terpenuhi baru separuhnya. Dua-duanya sangat dibutuhkan, tapi saat ini kami fokus untuk transportasi monorel dulu. MRT sudah dilakukan," ujarnya.

Dalam agendanya, Jokowi seharusnya mendatangi acara ini. Namun, Jokowi akhirnya memutuskan untuk membagikan 1.733.991 KJS di Kecamatan Koja, Pasar Rebo, dan Kalideres.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.